3 Cara Online Store Membuat Jualan Online Anda Efisien

Dalam era global saat ini memang sudah sangat mudah untuk memulai bisnis online. Bahkan hanya bermodal smartphone saja kita telah dapat memulai bisnis sendiri. Bermodal social media, share produk dimana-mana, promosi melalu chat, dan lain sebagainya.

Namun, pernahkah Anda merasa jika mengatur bisnis itu tak semudah hanya dengan bermodal smartphone?

Ada Kalanya Jualan Online Itu Ribet

Terutama dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran. Perlu beberapa keahlian dasar agar pebisnis mampu menigkatkan keuntungan dengan tetap mempertimbangkan pemasukan dan pengeluaran.

Selain itu, proses rekap data transaksi yang dilakukan secara manual akan memakan cukup banyak waktu, apalagi jika penjualan dilakukan di lebih dari satu social media atau marketplace. Tentu bukan hal yang mudah untuk merekap data sebanyak itu dari sumber yang berbeda-beda.

Kemudahan yang Ditawarkan Online Shop

Pernahkah terlintas dibenak Anda untuk mulai membuat toko online Anda sendiri? Jika iya, lakukan dan jika tidak, coba Anda petimbangkan kembali. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dalam membuat toko online sendiri, terutama dalam proses transaksi dan rekap data.

Berikut beberapa hal yang akan lebih efisien saat dilakukan dalam sebuah toko online milik Anda sendiri:

1. Data Transaksi yang diproses Otomatis

Kemudahan transaksi menentukan kenyamanan customer

Jika Anda telah memiliki toko online sendiri, transaksi dapat diproses secara otomatis mulai dari saat customer melihat produk sampai saat customer telah membeli dan membayar produk tersebut.

Stok produk pun akan dapat langsung diproses ketika transaksi berlangsung. Sehingga Anda tak perlu bingung untuk melihat stok ketika ada transaksi masuk. Dengan menggunakan toko online pebisnis hanya cukup dengan memantau perkembangan transaksi yang terjadi dan melihat laporan yang otomatis dibuat oleh sistem toko online Anda.

 

2. Meminimalisir Pertanyaan dari Customer

Bangun loyalitas customer dengan cara yang profesional

Jika saat ini Anda masih menggunakan layanan social media maupun marketplace, pasti masih cukup banyak customer yang bertanya pada Anda tentang detail dari produk yang Anda jual. Hal ini dapat terjadi karena meskipun bisnis Anda dilakukan di sebuah marketplace ternama sekalipun, customer pasti akan tetap waspada karena pada marketplace ternama pun tak jarang terjadi penipuan.

Berbeda jika Anda telah memiliki toko online sendiri, dimana Anda pastinya akan lebih leluasa dalam menjelaskan setiap detail dari produk yang Anda jual sehingga dapat meminimalisir pertanyaan dari customer.

Selain itu, dengan Anda memiliki toko online sendiri maka customer akan berpikir bahwa Anda memiliki tingkat profesionalitas yang bagus dalam bisnis tersebut sehingga mampu meningkatkan kepercayaan customer terhadap produk yang Anda jual.

 

3. Rekap Data yang Lebih Efisien

Efisiensi bisnis anda ditentukan oleh profesionalitas anda

Kata efisien dalam rekap data ini dapat diartikan bahwa pebisnis dapat hasil rekap data dengan mudah dan minim kesalahan.

Dengan menggunakan toko online sendiri, proses rekap data akan menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu mengunduh data-data yang telah diproses oleh sistem kemudian Anda dapat langsung melakukan analisa akan transaksi yang telah terjadi pada periode sebelumnya.

Selain itu, dengan memanfaatkan sistem toko online yang telah berjalan Anda dapat meminimalisir kesalahan. Memang tak menutup kemungkinan bahwa sistem masih dapat melakukan kesalahan. Namun setidaknya kesalahan yang dilakukan sistem terbilang lebih rendah daripada kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Dari sistem pun Anda dapat meminimalisir kecurangan yang dapat merugikan bisnis Anda.

Dengan adanya kemudahan dalam melakukan hal-hal diatas, maka pebisnis dapat menggunakan waktu lebihnya untuk menganalisa kebutuhan pasar, membangun relasi bisnis, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, pebisnis tak perlu lagi menghabiskan banyak waktunya untuk mengurus proses penjualan.

top