3 Soft Skill yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Online Shop Anda

Bisnis online yang cukup menggiurkan memang sangat menarik minat masyarakat. Meskipun bisnis online memang cukup menjajikan dalam segi keuntungan, namun tak sedikit pula pebisnis online yang telah mengeluarkan banyak biaya akhirnya tidak mendapatkan hasil apapun.

Ada pepatah “Usaha Tak Pernah Mengkhianati Hasil”. Pada kenyataannya pepatah ini memang tak pernah salah. Semudah apapun jalan yang ingin kita lewati, pasti akan ada rintangannya. Dan semakin berat rintangan maka semakin besar hasil yang akan diperoleh. Sama halnya dengan bisnis online, mudah memang pasti tetapi bukan berarti kita hanya dengan bersantai dapat memperoleh hasil terbaik.

Saat mulai berbisnis pun niat yang berapi-api saja tak cukup. Karena setelah niat haruslah ada perbuatan. Tanpa perbuatan maka tak akan ada sebuah hasil.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika niat yang berapi-api telah tertanam pada diri Anda:

1. Niat, Ide, Praktek

Niat besar dan ide yang inovatif menunjang kesuksesan bisis anda

Niat dan ide memang pasti banyak bermunculan pada diri Anda yang memang sudah sangat haus dengan dunia bisnis online. Namun yang Anda harus ingat adalah sehebat apapun idenya, sebesar apapun niatnya jika pada akhirnya Anda tak pernah mau berbuat, maka itu semua hanya akan menjadi sebuah bayangan.

Ada banyak faktor yang dapat membuat Anda tak bisa berbuat apa-apa, salah satunya saat Anda hanya belajar untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Anda hanya akan disibukkan oleh teori-teori dari berbagai ahli hanya untuk mendapatakan teori terbaik, sampai tanpa sadar Anda telah melewatkan banyak waktu hanya untuk mempelajari teori-teori tersebut. Padahal apalah guna sebuah teori jika pada akhirnya tak pernah dipraktekkan.

Alangkah baiknya jika sekali Anda membaca sebuah teori, langsung dipraktekkan. Tentunya dalam praktek, online shop Anda membutuhkan rancangan strategi dan cara pemasaran yang efektif. Meskipun nanti hasilnya tak sesuai keinginan, minimal secara nyata Anda telah mengetahui kelemahan dari teori tersebut yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman agar tak terulang dikemudian hari.

Hasil terbaik akan muncul hanya setelah Anda mengalami beberapa kegagalan.
Yang terpenting adalah jangan menyia-nyiakan ide-ide cemerlang serta niat Anda yang berapi-api. Namun, tetap perlu diperhatikan pula bahwa tak semua ide dapat langsung Anda terapkan. Tetap perlu ada pertimbangan-pertimabngan lain sebelum akhirnya Anda dapat mencoba ide-ide cemerlang yang ada pada benak Anda.

 

2. Kreativitas

Kreatifitas mendukung produktifitas bisnis

Semakin banyaknya bisnis online membuat kita harus terus menerus memutar otak agar mampu menghasilkan sesuatu yang berbeda, atau minimal sesuatu yang sama namun berbeda.

Sebab jika tidak, maka bisnis online Anda hanya akan berjalan pada jalan yang sama sementara pelanggan dengan leluasa berjalan kesana dan kemari. Yang artinya pelanggan tak selamanya melihat bisnis Anda jika bisnis Anda hanya berjalan di tempat, tidak berjalan mengikuti apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Mengikuti keinginan pelanggan pun tak semata-mata sama persis dengan keinginan mereka. Namun sebagai pebisnis yang handal Anda haruslah berpikir pada keinginan pelanggan yang diluar dugaan. Artinya ketika pelanggan ingin bisnis Anda berjalan maka Anda harus berlari. Pelanggan akan lebih tertarik pada sesuatu yang melebihi keinginan mereka daripada sesuatu yang hanya memenuhi keinginan mereka namun sama sekali tak menarik.

Kreativitas pun sangat diperlukan saat Anda melakukan pemasaran. Jenis pemasaran yang umum atau biasa-biasa saja tidak akan menarik banyak minat masyarakat. Berbeda jika jenis pemasaran Anda diluar dugaan masyarakat, maka akan timbul rasa ketertarikan masyarakat terhadap produk yang Anda pasarkan.

 

3. Serius dan Percaya Diri

Confidence make your business still go on

Meskipun telah dipenuhi dengan semangat yang berapi-api, tak menutup kemungkinan akan adanya rasa tidak percaya diri pada diri Anda sendiri. Ini memang hal yang wajar, namun Anda tetap harus melawan rasa tersebut hingga tak lagi menjadi beban pikiran.

Karena tingkat kepercayaan diri seseorang akan dapat mempengaruhi perilaku di kemudian hari. Jika kepercayaan diri Anda berkurang, maka pikiran negatif akan mulai bermunculan dan tak menutup kemungkinan jika suatu hari Anda akan mulai tidak serius dalam menjalankan bisnis Anda.

Berbeda jika Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka hal positif lah yang akan terus bermunculan pada diri Anda. Dan tentunya ini akan mempengaruhi tingkat keseriusan Anda dalam mengelola bisnis Anda agar menjadi lebih baik.

top