Cara Meningkatkan Trust Visitor Agar Belanja dari Online Store Anda

Ketika sebuah bisnis online mulai memiliki sayap yang lebar, saat pelanggan telah tersebar di berbagai daerah, menjaga kepercayaan adalah kunci terbaik untuk sebuah bisnis yang telah dikenali.

Terdengar sepele memang, namun pada kenyataannya menjaga kepercayaan pelanggan tak bisa dibilang remeh. Meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah cara untuk membuat online store anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Ketika pelanggan merasa tak nyaman dengan bisnis Anda, maka kecil kemungkinan pelanggan tersebut akan kembali pada Anda.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda:

1. Kualitas Produk

Kualitas terbaik berasal dari usaha yang cerdas

Dapat dikatakan ini adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan antara pebisnis dengan pelanggan. Karena sebuah produk yang sesuai keinginan pelanggan lah yang akan dilihat dan diminati.

Ketika produk Anda mengalami penurunan kualitas atau sejenisnya yang akhirnya tak lagi sesuai dengan keinginan pelanggan, maka tak menutup kemungkinan jika pelanggan Anda akan mulai pergi satu per satu.

Oleh sebab itu, menjaga dan meningkatkan kualitas produk adalah hal terpenting dalam meningkatkan minat dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Karena dengan ini pula, secara tidak langsung Anda akan menunjukkan pada pelanggan bahwa bisnis Anda akan terus berkembang sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat.

 

2. Keamanan Pelanggan

Keamanan menentukan seberapa besar kualitas produk anda

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan pelanggan terhadapat sebuah bisnis adalah dari segi keamanan. Selain Anda sebagai pemilik bisnis harus menjamin setiap uang yang ditransfer oleh pelanggan, Anda juga harus menjamin keamanan pelanggan dari faktor luar.

Secara langsung memang bukan tanggung jawab Anda, namun demi menjaga kenyamanan pelanggan tak ada salahnya jika Anda menjauhkan pelanggan Anda dari faktor luar seperti penipuan yang mengatasnamakan bisnis Anda.

Jika terjadi penipuan tersebut, Anda sebagai pemilik bisnis haruslah mampu memberikan antisipasi agar penipuan tak lagi melibatkan bisnis dan pelanggan Anda. Menerapkan beberapa aturan pada proses bisnis Anda tak menjadi masalah yang besar. Secara perlahan Anda perlu memberikan pengarahan kepada pelanggan agar dapat mengikuti peraturan yang mulai diterapkan pada bisnis Anda.

Selain itu, berusaha menemukan pelaku juga dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Dimana dalam hal ini artinya Anda telah berusaha melindungi pelanggan Anda agar tak ada lagi yang terpancing penipuan dari pelaku yang sama, meski pada kenyataannya tak menutup kemungkinan akan adanya pelaku penipuan selanjutnya namun minimal dengan ini pelanggan akan meningkatkan kewaspadaan mereka ketika ada seseorang yang mengatasnamakan bisnis Anda.

 

3. Kemudahan dan Kenyamanan

Loyalitas customer ditentukan oleh kemudahan dan kenyamanan yang diberikan

Selain perlunya meningkatkan kualitas produk, sebuah bisnis profesional juga akan terus meningkatkan sistem yang ada dalam bisnisnya. Seperti adanya layanan-layanan tambahan, perubahan sistem menjadi lebih mudah digunakan dan dipraktekkan, serta masih banyak lainnya.

Bagi pelanggan, kemudahan dan kenyamanan adalah yang terpenting. Selama perubahan mampu meningkatkan kemudahan pelanggan dalam menggunakan sistem, maka takkan ada masalah yang serius.

Perubahan sistem yang menjadi lebih mudah juga akan berpengaruh pada kenyamanan pelanggan dalam menggunakan sistem. Dan kenyamanan pelanggan sangat berpengaruh pada kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Cara menentukan kemudahan dari sudut pandang pelanggan adalah dengan memperhatikan setiap komentar, kritik dan saran yang diberikan oleh pelanggan terhadap bisnis Anda. Setelah melakukan audit atas kebutuhan pelanggan, baru lah Anda dapat menganalisa perubahan yang mampu mempermudah pelanggan namun tetap sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pelanggan.

Kemampuan pelanggan disini artinya adalah kemampuan rata-rata pelanggan Anda. Karena akan sangat percuma jika sistem yang Anda buat itu canggih dan bagus namun melebihi kemampuan rata-rata pelanggan Anda. Yang artinya tak banyak pelanggan yang dapat mempraktekkan sistem Anda. Sehingga faktor kemampuan rata-rata pelanggan termasuk faktor penting dalam menentukan sebuah perubahan sistem.

Kepercayaan pelanggan yang bagus akan mampu membuat pelanggan terus datang pada bisnis Anda. Dan dalam membentuk kepercayaan pelanggan haruslah dilakukan terus-menerus demi menjaga hubungan baik antara bisnis dengan pelanggan Anda.

top