Pemasaran Efektif Menggunakan Online Shop

Memberikan kemudahan dalam manajemen produk dan efisiensi biaya operasional

Tak dapat dipungkiri bahwa nyawa dari sebuah bisnis baik itu offline maupun online adalah pemasaran. Tanpa pemasaran yang bagus, sebuah bisnis tak akan mampu berjalan dengan baik atau bahkan hal terburuknya adalah bisnis tersebut akan mati secara perlahan.

Namun, pemasaran yang bagus pun masih belum cukup. Bisnis akan berjalan lancar dan efisien apabila pemasaran yang dilakukan pun bagus dan efisien.

Artinya dalam melakukan rencana pemasaran, pebisnis pun harus mempertimbangkan pengeluaran serta waktu yang akan digunakan. Semakin kecil pengeluaran dan waktu yang digunakan maka akan semakin efisien proses pemasaran yang dilakukan.

Jika umumnya orang masih melakukan pemasaran dengan membuat brosur, iklan di televisi, dan masih banyak lainnya, maka pebisnis online tak perlu lagi melakukan hal tersebut. Umumnya para pebisnis online melakukan pemasaran dengan memanfaatkan social media.

Iklan tak lagi hanya dapat dilakukan di koran, radio maupun televisi, namun di social media pun telah banyak jasa yang menawarkan iklan untuk bisnis Anda. Mulai dari layanan iklan yang memang disediakan oleh social media tersebut sampai dengan iklan yang dilakukan oleh artis social media, seperti selebgram, youtuber, dan lain sebagainya.

Namun, pernahkah Anda melakukan riset berapa biaya iklan yang ditawarkan oleh social media itu sendiri? Atau pernahkah Anda melakukan riset tentang biaya iklan melakui artis social media?

Dapat dikatakan bahwa semakin Anda ingin mendapatkan hasil yang baik maka semakin mahal pula biaya yang harus Anda keluarkan. Prinsip ini berlaku pada sistem iklan yang terdapat pada social media, baik itu layanan iklan dari social media maupun layanan iklan oleh artis social media. Namun, jangan terlena akan hasil yang bagus, karena semakin sering Anda menggunakan jasa iklan ini maka semakin besar pula pengeluaran Anda dan ini bukanlah jenis pemasaran yang bagus dan efisien.

Lalu bagaimana cara melakukan pemasaran yang bagus dan efisien ?

Jawabannya adalah dengan membuat toko online Anda sendiri. Ketika Anda telah memiliki toko online sendiri, maka Anda akan lebih leluasa melakukan pemasaran di website Anda sendiri.

Dengan memanfaatkan SEO ( Search Engine Optimization ), Anda dapat membuat toko online Anda berada pada urutan pertama dalam media penelusuran seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya. Dengan SEO yang bagus tentu saja kemungkinan Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung dan pelanggan di website toko online Anda akan lebih besar.

Setelah mengoptimasi website toko online Anda, barulah menggunakan layanan iklan di social media. Tapi dengan perhitungan yang matang, tidak langsung main iklan dimana-mana. Selain itu, beriklan di website sendiri pun tak ada salahnya. Anda dapat membuat peraturan tersendiri di website Anda. Seperti adanya layanan khusus atau permainan tertentu untuk mendapatkan diskon atas produk Anda. Promosi semacam ini biasanya akan mampu menarik minat pelanggan.

Dengan menggunakan toko online Anda juga dapat memanfaatkan fitur newsletter yang saat ini banyak digunakan oleh toko online atau marketplace lainnya. Data pelanggan yang mendaftar untuk berlangganan newsletter ini dapat menjadi modal Anda untuk promosi secara langsung, atau dalam arti lain toko online Anda dapat langsung berinteraksi dengan pelanggan tersebut. Sehingga hal ini dapat mempermudah bisnis Anda dalam memberikan informasi-informasi seputar produk atau promo yang sedang ada di toko online Anda.

Ini seperti memberikan brosur-brosur kepada para calon pembeli Anda, namun berbedanya adalah jika dengan brosur pasti akan ada pengeluaran untuk membuat brosur tersebut sedangkan dengan email newsletter ini Anda dapat memberikan brosur-brosur tersebut secara elektronik dan pastinya tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi.

Jadi, tak akan pernah ada ruginya jika Anda telah memiliki toko online sendiri. Karena Anda akan lebih leluasa dan efisien dalam mengatur segalanya, terutama pemasaran.

top